3 Alasan Ini Dorong Tubuh Perlu Detoks, Puasa Bisa Jadi Solusinya

JawaPos.com – Berpuasa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya bisa mengeluarkan racun-racun di tubuh setelah selama setahun menyantap berbagai jenis konsumsi.

Ahli Detoksifikasi serta Spesialis Gizi Klinik, Lifestyle and Healthy Aging Expert, dr. Abdullah Firmansyah, SpGK menjelaskan gaya hidup sehat bisa dilakukan melalui detoksifikasi dan jenis-jenis diet yang dapat mendukung proses healthy aging. Salah satunya dengan cara berpuasa.

“Contoh bagus untuk detoks itu kan puasa Ramadan, itu detoks juga. Berpuasa itu mengurangi konsumsi yang masuk selama 14 jam,” kata Abdullah baru-baru ini.

Sayangnya banyak pasien atau seseorang yang gagal melakukan detoks ketika Lebaran tiba. Sebab justru berat badan kembali bertambah saat Lebaran akibat asupan berlebihan.

“Selama puasa turun 2 kilogram, Lebaran naik 3 kilogram. Terlalu banyak rumah yang dikunjungi, makannya kebanyakan,” katanya tertawa.

Maka Abdullah menyebutkan ada beberap alasan mengapa tubuh memerlukan detoks. Selain berpuasa, detoks juga bisa dilakukan sesuai saran dokter atau dengan cara-cara alami dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Berikut alasan yang menyebabkan tubuh perku didetoks.

Minuman Manis

Selama setahun seseorang pasti banyak mengonsumsi minuman manis seperti kopi, es, latte, cokelat dan lainnya yang membuat tubuh melebihan gula. Maka hal itu tentu mendorong tubuh perlu detoks.

Makanan

Banyaknya makanan olahan dan gaya hidup kongkow di resto cepat saji, membuat racun-racun di tubuh menumpuk. Kemudian kebiasaan mengemil juga mendorong tubuh memerlukan detoks. Maka dokter akan memberikan saran komposisi diet seimbang serta suplemen ketika tubuh memang memerlukan detoks.

“Di tahap awal tubuh biasanya berontak. Maka diet bisa dilakukan sedikit-sedikit,misalnya konsumsi sebaiknya dikurangi 1/4, jangan terlalu banyak agar tubuh enggak kaget,” katanya.

Stres

Pikiran juga bisa mempengaruhi tubuh untuk perlu detoks. Berbagai hormon yang meningkat akibat stres, tentu memerlukan peregangan.

(ika/JPC)