3 Tahap Pelepasan Pasung Terhadap Pengidap Skizofrenia

JawaPos.com – Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan atau mental yang ditandai dengan terganggunya proses berpikir dengan tingkat yang parah. Pihak keluarga yang tak mengerti, seolah melabeli seseorang dengan skizofrenia sebagai penyakit kutukan atau dicap sebagai ‘gila’. Maka upaya putus asa yang dilakukan untuk mengatasi orang dengan skizofrenia adalah dengan memasungnya.

Beerdasarkan riset ayang dilakukan Doktor Keperawatan dan Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Heni Dwi Windarwati, ada cara aman untuk melepaskan seseorang dari pasung. Lewat Model Harapan positif Eliminasi pasung Dukungan keluarga dan Warga masyarakat Inklusif dan komprehensif (HEDWIN), pasung dapat dilepaskan dengan pendekatan pemberdayaan seluruh komponen masyarakat. 

“Tahapan pra pelepasan, tahapan pelepasan dan tahapan pasca pelepasan pasung,” tegasnya dalam keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Senin (2/7).

Dari 41 Orang dengan Skizofrenia (ODS) pasung yang dirawat dengan menggunakan model HEDWIN, seluruhnya berhasil dilepas dari pasung dan tidak ada yang dipasung ulang (repasung). Penanganan dengan model HEDWIN pun dapat mengendalikan gejala dan mampu memiliki ketrampilan hidup bahkan pulih.

Berbeda dengan kelompok yang tidak mendapatkan model HEDWIN, seluruh ODS (41 orang) mendapatkan perawatan melalui rujukan. Upaya kesehatan perorangan (UKP) pada ODS pasung tersebut ternyata menimbulkan permasalah baru dengan ditemukan 13 orang mengalami pasung ulang akibat rendahnya partisipasi keluarga, kader dan masyarakat dalam perawatan berkelanjutan ODS pasca pasung.

Lalu, bagaimana tahapan pelepasan pasung dengan model HEDWIN? berikut ulasannya,

Tahapan I

Tahapan pra pelepasan merupakan tahapan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan melakukan perawatan serta meningkatkan kesadaran tentang pelepasan pasung pada ODS. Tahapan pra pelepasan berisi kegiatan pelatihan dan sosialisasi. Kegiatan pelatihan dilakukan kepada tenaga kesehatan khususnya perawat dan kader dengan hasil kegiatan adalah peningkatan pengetahuan dan ketrampilan melakukan perawatan ODS pasung di masyarakat. Kegiatan sosialisasi dilakukan kepada ODS pasung, keluarga dan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran diri dan pemberdayaan dalam pelepasan pasung pada ODS. Hasil kegiatan pra pelepasan pasung digunakan dalam rangka menyiapkan SDM yang terlibat dalam pelepasan pasung berbasis masyarakat.

Tahapan II

Tahapan pelepasan pasung merupakan tahapan inti dalam model HEDWIN. Kegiatan yang dilakukan adalah pelepasan pasung secara bertahap mulai dari satu jam, dua jam, tiga jam dan selamanya. Kegiatan yang dilakukan dalam pelepasan bertahap adalah melakukan perawatan diri, melatih mengontrol gejala, melatih sosialisasi dan melakukan pengobatan (kolaborasi dengan tim medis puskesmas). Hasil akhir kegiatan pelepasan pasung secara bertahap adalah ODS dapat dilepas dari pasung dan memiliki peningkatan pengetahuan dan ketrampilan tentang pengontrolan tanda dan gejala, sosialisasi dan kepatuhan minum obat.

Tahapan III

Tahapan pasca pelepasan pasung adalah tahap terakhir dalam pelepasan pasung. Tujuan kegiatan ini adalah mempertahankan (maintenance) dan mempertahapan perawatan yang paripurna dan terus menurus (sustainability). Kegiatan pasca pelepasan yang dilakukan adalah mengembangkan rehabilitasi berbasis masyarakat melalui kunjungan rumah dan posyandu jiwa. Tujuan program rehabilitasi berbasis masyarakat adalah mempertahankan kondisi ODS pasung mandiri dan meningkatkan kemampuan menjadi produktif. Bentuk kegiatan Posyandu jiwa adalah terdiri atas aktifitas lima meja yaitu meja pendaftaran dan pemeriksaan fisik, monitoring pengobatan oleh dokter puskesmas dan penambahan nutrisi, latihan pengendalian gejala oleh perawat, rehabilitasi peningkatan kemampuan perawatan diri serta rehabilitasi peningkatan kemampuan hidup sehari-hari dan produktifitas. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pasca pelepasan pasung adalah semua ODS yang dipasung dapat pulih dan produktif dengan berbagai variasi pekerjaan yang mereka minati.

(ika/JPC)

IDHOKI adalah AGEN SBOBET Resmi Terpercaya Indonesia dengan memberikan pelayanan 24 jam maximal dan transfer antar semua bank jika bank offline.