Ladies, Ini Posisi Tidur Terbaik Atasi Kram Saat Menstruasi

JawaPos.com – Nyeri haid terkadang sungguh menyiksa. Seringkali kram perut saat haid di hari pertama membuat kaum hawa meringis kesakitan. Mereka pun sulit tidur nyenyak di malam hari. Kaum hawa sering kesakitan berjam-jam sampai sulit bangun dari tempat tidur. Tak sedikit pula dari mereka yang harus mengonsumsi obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit.

Dilansir dari Mirror, Selasa (3/7), ternyata ada cara tepat untuk meredakan sakit kram saat menstruasi. Caranya dengan memperbaiki posisi tidur di malam hari. Posisi tersebut dapat meringankan kram.

Menurut sejumlah ginekolog, cara terbaik untuk tidur saat nyeri haid adalah dengan posisi janin. Posisi bayi di dalam perut dengan cara meringkuk adalah posisi terbaik mengurangi nyeri haid.

Ladies, Ini Posisi Tidur Terbaik Atasi Kram Saat MenstruasiLetakkan heat pad atau botol air panas di perut juga dapat meringankan kram. (First Health Mag)

“Tidur dalam posisi janin mengambil tekanan dari otot-otot perut,” kata Ginekolog Lisa Lindley.

Posisi janin diyakini membuat otot-otot di sekitar area perut bisa lebih rileks dan mengurangi ketegangan. Jika memungkinkan, kaum hawa juga sebaiknya menghindari tidur tengkurap karena bisa meremas rahim. Posisi tengkurap dapat meningkatkan kemungkinan pembalut bocor di malam hari.

Selain posisi tidur, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan sebelum tidur untuk mengurangi nyeri haid. Cobalah mandi air hangat agar rileks dan menghilangkan rasa sakit.

Letakkan heating pad atau bisa juga botol air panas pada perut juga dapat meringankan kram. Kemudian, cobalah pijat perut dengan gerakan ringan melingkar.

(ika/ce1/JPC)

IDHOKI adalah AGEN SBOBET Resmi Terpercaya Indonesia dengan memberikan pelayanan 24 jam maximal dan transfer antar semua bank jika bank offline.