Hepatitis Ternyata Bisa Ditularkan Lewat Pisau Cukur dan Sikat Gigi

JawaPos.com – Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati. Hati adalah organ vital yang terletak di bagian kanan atas rongga perut dan berperan untuk memproses zat nutrisi, menyimpan energi, dan membuang racun dalam tubuh.

Ketika terjadi kerusakan atau peradangan pada hati manusia maka akan menyebabkan gangguan pada fungsi hati itu sendiri. Bagaimana cara penularan penyakit Hepatitis?

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan penularan hepatitis bisa terjadi karena transfusi darah, pengunaan jarum suntik, penggunaan benda tajam bersama serta hubungan seksual. Media tersebut bisa menjadi penyebab berpindahnya virus dari satu orang kepada orang lain.

Selain faktor tadi, untuk penularan hepatitis B virus atau virus hepatitis C bisa diturunkan dari ibu hamil kepada bayi yang masih berada di dalam kandungan. Bahkan barang-barang pribadi juga bisa menjadi pemicunya. Jika digunakan secara bersama.

“Secara khusus yang perlu diperhatikan oleh masyarakat adalah penggunaan alat pribadi secara bersama misal sikat gigi, pisau cukur, jarum suntik termasuk gunting kuku,” katanya kepada JawaPos.com, Selasa (31/7).

Sedangkan untuk pengobatan, Ari menjelaskan saat ini sudah ada antivirus baik untuk hepatitis B maupun C, walau biaya pengobatannya masih mahal. Termasuk juga untuk pemeriksaan jumlah virus baik untuk hepatitis virus B atau C juga masih mahal.

“Untuk pasien yang sudah diketahui hepatitis B atau C yang karena berbagai alasan tidak diobati harus kontrol teratur untuk melihat progresivitas dari perjalanan penyakitnya,” ujar Dr. Ari.

(ika/JPC)

IDHOKI adalah AGEN SBOBET Resmi Terpercaya Indonesia dengan memberikan pelayanan 24 jam maximal dan transfer antar semua bank jika bank offline.