Wujudkan Toilet Sekolah Bersih, Siswa Dijamin Sehat

JawaPos.com – Salah satu kunci Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tentu dengan menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mewujudkan budaya PHBS di sekolah untuk mewujudkan siswa yang sehat. Caranya dengan melakukan program sanitasi bersih, seperti toilet yang sehat.

Dalam program Indonesia Best Corporate Social Initiatives yang digagas oleh majalah MIX MarComm dari SWA Media Group, diberikan penghargaan bagi program-program sosial perusahaan atau populer dengan istilah program CSR (Corporate Social Responsibility) di Indonesia yang dinilai berhasil membawa dampak signifikan bagi para penerima manfaat. Salah satunya dalam bidang kesehatan.

Konimex, sebagai salah satu perusahaan industri farmasi merasa peduli terhadap masyarakat di bidang kesehatan. Salah satunya dengan mewujudkan program sanitasi sehat di sekolah.

Wujudkan Toilet Sekolah Bersih, Siswa Dijamin SehatPara perusahaan dalam program Indonesia Best Corporate Social Initiatives yang digagas oleh majalah MIX MarComm dari SWA Media Group. (Istimewa)

Tahun 2017, perusahaan farmasi asal Sukoharjo, Solo itu menyulap toilet di 75 sekolah dasar di Kabupaten Sukoharjo. Biasanya seringkali siswa mengeluhkan toilet yang jorok di sekolahnya dan membuat siswa tak nyaman. Tentu ancaman kuman penyakit bertebaran.

Kampanye PHBS beserta renovasi toilet-toilet tersebut diyakini bisa meningkatkan kesehatan siswa. Apalagi tak hanya jorok, terkadang jumlah perbandingan siswa dengan toilet di sekolah tidak memadai. Oleh karena itu, tak hanya renovasi tapi juga membangun toilet baru.

“Kami melihat bagaimana sebagai perusahaan ikut mendukung apa yang dilakukan pemerintah yaitu hidup sehat. Kami mengampanyekan guru dan siswa pola hidup bersih dan sehat di sekolah dengan sanitasi yang baik dan dimulai dari toilet,” ujar General Manager Marketing Food Konimex, Edhi Setiawan, dalam acara penganugerahan penghargaan oleh majalah MIX MarComm dari SWA Media Group, baru-baru ini.

Selain itu, pembinaan selama 3 bulan juga dilakukan agar warga sekolah bisa merawat sanitasi yang sehat dan bersih. Tak hanya toilet bersih, guru dan siswa juga berusaha untuk menerapkan PHBS yang disiplin.

“Sekolah yang kami sasar ada negeri dan swasta. Data menyebutkan hanya 40 persen sekolah di sana yang sudah memiliki toilet memadai. Maka kami berupaya untuk ikut mewujudkan itu,” ungkapnya.

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018 ini dikelompokkan ke dalam enam kategori. Salah satunya di bidang kesehatan masyarakat.

(ika/JPC)

IDHOKI adalah AGEN SBOBET Resmi Terpercaya Indonesia dengan memberikan pelayanan 24 jam maximal dan transfer antar semua bank jika bank offline.