Pelantikan Gubernur Hasil Pilkada Serentak Dibagi 5 Tahap

JawaPos.com – Sebanyak sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018-2023 dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/9).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, dilantiknya sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih 2018 karena masa jabatannya telah habis, serta tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Karena sepanjang memenuhi semuanya sudah diputuskan KPU dan tidak ada gugatan ke MK segera dilantik supaya bisa langsung kerja,” kata Tjahjo di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/9).

Tajhjo menjelaskan, pelantikan hasil Pilkada Serentak 2018 yang terselenggara di 17 Provinsi terdapat beberapa tahapan. Proses tahapan itu telah diserahkan kepada Presiden Jokowi melalui Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg).

Tjahjo mentebut untuk tahap pertama terdapat sembilan Gubernur dan Wakil Gubernur. Mereka di antaranya Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, Sumatera Utara, NTT, Jawa Tengah dan Bali.

Kemudian tahap kedua, lanjut Tjahjo, diperkirakan akan dilantik pada 17 September 2018 atau 27 September 2018. Tahap kedua yang akan dilantik meliputi Sumatera Selatan, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat.

“Karena mereka tanggal 17 habis masa jabatannya,” jelas Tjahjo.

Namun untuk tahap ketiga sampai kelima, diakui Tjahjo, baru akan dilantik pada 2019. “Seperti Lampung itu baru Juni tahun depan setelah selesai Pilpres. Jawa Timur juga awal tahun depan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tjahjo menuturkan sesuai Undang-Undang bahwa jabatan kepala daerah tidak bisa dikurangi dan ditambahkan secara serempak.

“Karena Undang-Undang bahwa jabatan itu lima tahun, tidak boleh dikurangi dan ditambahkan,” pungkasnya.

(rdw/JPC)