Kata Prabowo, Zulhas Merupakan Otak Strategi di Balik Tumbangnya Ahok

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai salah satu operator politik hebat di Indonesia. Pasalnya politisi yang akrab disapa Zulhas itu sangat ahli di bidang strategi.

Pujian itu disampaikan Prabowo karena Zulhas  merupakan figur kunci di balik strategi sekenario penggulingan Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok di pilkada Jakarta 2017 lalu. 

“Banyak sekali yang saya contoh dari PAN. Banyak ilmu-ilmu dari beliau (Zulhas), beliau (pernah) sampaikan bagaimana merancang strategi menurunkan Ahok. Mungkin beliau lupa,” kata Prabowo saat berpidato di depan ribuan kader PAN yang hadir di Grand Paragon, Jakarta, Minggu (16/9).

Prabowo menyebutkan strategi itu didapatkannya kala dirinya menyambangi rumah dinas Zulhas. Kala itu, Jakarta pada masa kampanye pilkada. Dia bilang, strategi ampuh itu adalah dengan menurunkan langsung sejumlah tokoh-tokoh yang dimilikinya sampai ketingkat Rukun Tangga (RT). 

“Beliau (Zulhas) beri strategi, sekarang tidak perlu rapat akbar. Turunkan tokoh-tokoh parpol ke tingkat RT. Habis itu saya kembali ke DPP dan langsung kita (intruksikan) turun ke RT. Enggak usah rapat besar karena kita termasuk enggak punya duit waktu itu,” ungkap Prabowo. 

Menurut Prabowo, strategi yang dianjurkan oleh koleganya itu terbukti berhasil lebih membuatnya sedikit meminimalisir pengeluaran uang di pilkada Jakarta 2017 lalu. Di sisi lain juga dapat mengefensiensi waktu kampanye yang kala itu memajukan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. 

“Akhirnya jenderal-jenderal dan tokoh-tokoh penting turun ke RT-RT di pelosok Jakarta, dan terbukti berhasil,” tuturnya

Atas dasar itu, dirinya pun mengakui bahwa Zulkifli Hasan merupakan tokoh pemimpin yang hebat. Di sisi lain, mantan Danjen Kopassus itu juga kagum seluruh kader-kader PAN.

“Pak Zul ini memang operator yang hebat. Dan PAN punya banyak stok pemimpin yang hebat,” pungkasnya.

(aim/JPC)