Dokter Sebut Ada 5 Masalah Mata yang Sering Dialami Orang Indonesia

JawaPos.com – Mata adalah organ vital dari panca indera manusia. Kasus kebutaan di Indonesia memang masih menghantui. Selain faktor genetik dan usia, salah satu kebiasaan buruk yakni terpapar sinar ponsel dan ultraviolet juga membuat masalah kesehatan pada mata.

Dokter Spesialis Mata dr. Astrianda N. Suryono, SpM(K) dari Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) menegaskan kondisi kesehatan mata masyarakat Indonesia mengalami gangguan kesehatan mata yang cukup tinggi.

“Kalau menatap layar ponsel mata bisa kering dan buram, tapi enggak bikin kanker mata. Itu salah dan memang ada penyebab lain. Dan tidak betul juga jika bisa sampai kejang-kejang,” ungkapnya dr. Astrianda dalam peluncuran ZEISS UVProtect Clear Lenses, kacamata antisinar UV, Rabu (19/9).

Maka dia menyebutkan ada lima masalah mata yang paling banyak dihadapi masyarakat Indonesia. Di antaranya, katarak, glaukoma, gangguan refraksi, gangguan retina dan abnormalitas kornea.

Katarak

Katarak adalah kondisi yang terjadi karena proses penuaan atau degenerasi. Salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan proses katarak terjadi lebih cepat adalah akibat radiasi sinar UV, terlebih fakta bahwa posisi negara Indonesia terletak tepat di garis khatulistiwa yang menjadikan curah sinar matahari memang sangat tinggi.

Mata yang tidak terlindungi dapat langsung terpapar sinar matahari, sehingga membutuhkan solusi yang membantu mengeliminasi penyebab utama katarak yang sebetulnya dapat dicegah dan diobati. Menggunakan kacamata dengan perlindungan sinar UV dapat menjadi cara yang paling efektif untuk melindungi mata ketika berada di tempat terbuka dalam waktu lama.

Glaukoma

Glaukoma merusak saraf optik yang menunjang penglihatan mata. Ada dua jenis glaukoma, yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan glaukoma sudut tertutup. Keduanya bisa disebabkan oleh faktor usia, keturunan, komplikasi hipertensi pada mata, komplikasi diabetes, hingga penyakit mata tertentu.

Gangguan Refraksi

Masalah refraksi mata adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan cahaya masuk tidak terpusat langsung ke retina. Gangguan refraksi seperti rabun dekat, rabun jauh, dan cacat mata tua. Seluruh masalah itu biasanya ditangani dengan alat bantu kacamata.

Gangguan Retina

Gangguan pada bagian retina di dalam mata yang bisa berdampak buruk terhadap penglihatan seseorang. Retina adalah sebuah lapisan jaringan yang terdapat di bagian belakang mata. Organ ini berfungsi menerima cahaya.

Abnormalitas Kornea

Kornea adalah lapisan terluar dari bola mata. Kornea terdiri dari beberapa lapisan sel dan jaringan ikat kolagen yang tersusun sedemikian rupa. Abnormalitas bisa terjadi dengan ukuran yang tidak normal atau bisa dipicu dari penyakit lain seperti diabetes.

(ika/JPC)