Sandi Benarkan Ada Kesepakatan dengan Jokowi-Ma’ruf Amin

JawaPos.com – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengungkap bahwa pihaknya membuat kesepakatan dengan kubu petahana Joko Widodo dan wakilnya, Ma’ruf Amin. Bahkan disebut-sebut kesepakatan itu menunjukkan betapa cairnya hubungan di antara mereka.

Dia mengatakan, kesepakatan itu terkait penambahan angka 0 sebelum angka 1 atau 2 dalam nomor urut pasangan calon.

“Pak Prabowo dan Pak Jokowi santainya, dengan cairnya putuskan menambah angka kosong. Nol satu, nol dua. Nggak sampai satu menit, itu menunjukkan kami
bersahabat,” ujarnya saat menyampaikan pidato singkat usai penentuan nomor urut capres dan cawapres di gedung KPU, Jakarta, Jumat (21/9).

Usai acara, Sandi lantas menyampaikan bagaimana terjadinya kesepakatan itu. Semula dirinya bersama Prabowo Subianto datang terlebih dahulu ke KPU dan menunggu di lantai 2 gedung tersebut.

Namum ternyata, Jokowi bersama Ma’ruf ingin bertemu di lantai dasar tanpa tahu
hal apa yang akan dibahas.

Sayangnya KPU menyarankan agar pertemuan berlangsung sesudah acara. Akan tetapi, Jokowi  tetap ngotot ingin bertemu dirinya dan Prabowo sebelum acara.

“Dan akhirnya Pak Prabowo yamg memutuskan ‘sudah dipanggil Pak Presiden, kita turun kebawah'” ucap Sandi menirukan  Prabowo.

Rupanya, kata dia, ada usul dari kubu Jokowi-Maruf bahwa apabila menggunakan angka 1 akan menguntungkan salah satu partai di koalisi mereka. Sementara angka 2 akan menimbulkan kebingungan lantaran Partai Gerindra mendapat nomor urut 2 juga dalam Pemilu 2019.

Akhirnya, disepakati lah ditambahkan angka nol di depan angka 1 dan 2. “Malahan Pak
Prabowo sempat secara betul-betul cair sampaikan bahwa kalau Pak Jokowi dapat nomor 2
walaupun 02 yang diuntungkan Gerindra,” kata Sandi seraya tertawa.

Jadi kata dia, kesepakatan itu menjadi gambaran bahwa tidak ada ketegangan antara kubunya dan kubu Jokowi-Ma’ruf dalam menghadapi situasi politik ini.

“Kita semua di atas bersahabat dan kami nggak ingin mengirimkan pesan bahwa situasinya tegang, ini semua cair,” pungkas Sandi.

(dna/JPC)