Karding Bahagia Kalau Prabowo Ikuti Gaya Kampanye Trump

JawaPos.com – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin mengaku senang apabila gaya kampanye Prabowo Subianto mengikuti pola Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Sebab, Menurut Abdul Kadir Karding, Trump selalu selalau mengumbar hoaks. 

“Sebagai jubir kampanye Jokowi senang banget kalau Prabowo melakukan gaya yang sama dengan Trump yang suka mengulang-ulang kebohongan, dengan isu yang boombastis,” ujar Karding di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Kamis (11/10).

Menurut Karding, bila‎ Prabowo mengikuti seperti Donald Trump maka masyarakat bisa mengetahui. Apa yang diungkapkan adalah kebohongan. Karena masyarakat Indonesia sangat sensitif ketika dibohongi.

“Orang Indonesia melihat ada yang berbohong itu pasti berpengaruh. Apalagi seorang pemimpin misalnya menarasikan cerita-cerita bohong. Pasti itu dijadikan ingatan seumur hidup,” katanya.

Bahkan, Karding juga ‎menilai calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto adalah calon pemimpin yang suka copy paste alias copas.

Hal ini lantaran Prabowo ‎mengutip kalimat Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memiliki semboyan America First dan Make America Great Again.

“Tanggapan saya ini sungguh tidak kreatif copas dan pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki karakter dan prinsip sendiri,” ujar Karding.

Lebih lanjut, Karding juga mengatakan, semua pihak boleh belajar atau membangun jaringan dengan bangsa lain. Tapi jangan mencontoh atau menjiplak bangsa lain.

“Kalau kita mencontoh Trump besok-besok kelakuan kita, kebijakan kita akan mencontoh Trump dengan kebijakan-kebijakan kontroversial,” katanya.

Karena itu, menurut Karding, saat ini yang dibutuhkan bukanlah slogan. Melainkan kerja nyata dan berkomitmen menjadikan Indonesia lebih baik ke depan.

“Kita butuh kerja nyata. Kalau sekadar slogan semua itu bisa,” pungkasnya.

‎Sebelumnya, calon presiden Prabowo Subianto mempertanyakan mengapa tidak ada pemimpin Indonesia yang berani berbicara lantang seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang memiliki semboyan America First dan Make America Great Again.

Prabowo seolah kagum dengan pemimpin negara lain yang berani bicara lantang demi melindungi kepentingan rakyatnya. Tapi tidak ada pemimpin yang berani mengatakan ‎hal tersebut.

Prabowo lalu mengatakan bangsa Indonesia jangan takut dan memusuhi bangsa lain. Tidak perlu pula membenci bangsa lain. Indonesia menurutnya justru harus terbuka dalam melihat perkembangan dunia. Indonesia tidak boleh sungkan untuk belajar dari negara lain demi memperbaiki kondisi agar lebih baik. 

(gwn/JPC)